Kronologi Penangkapan Hakim ID di Bandung

Jumat, 01 Juli 2011

Jakarta: Kamis malam (30/6), penyidik KPK menangkap Hakim ID atau Imas Dianasari dan seorang pegawai swasta berinisial OJ dari PT Onamba Indonesia di Bandung. Ternyata penyidik KPK telah mengintai gerak-gerik keduanya, satu hari sebelum tangkap tangan dilakukan.

Berikut kronologi penangkapan Hakim ID:

Rabu (29/6)

Penyidik KPK mulai melakukan pengintaian terhadap gerak-gerik Hakim ID maupun OJ. Pengintaian dilakukan oleh tim yang sudah ada di Bandung dan tim yang ada di Jakarta.

Hal ini dibenarkan oleh Wakil Ketua KPK M Jasin. "Diintai beberapa waktu sebelum tangkap tangan. Satu hari sebelumnya," ujar Jasin dalam konferensi pers di kantornya, Jl Rasuna Said, Jaksel, Jumat (26/6/2011).

Kamis (30/6)

15.00-17.00 WIB

Pada Kamis sore, tim dari KPK mendapat informasi adanya pertemuan Hakim ID dengan OJ di restoran La Ponyo, Cinunun, Bandung.

19.30 WIB

OJ yang telah lebih dulu ada di restoran tersebut, keluar untuk menghampiri ID sembari menyerahkan kantong kresek berisi uang Rp 200 juta.

Belasan personel dari KPK melakukan operasi tangkap tangan di restoran tersebut. Operasi ini sempat membuat kaget sejumlah pengunjung yang ada di sana.

Dalam operasi ini, selain mengamankan uang Rp 200 juta, juga turut disita mobil Toyota Avanza hitam bernopol D 1699 VN yang dikendarai oleh ID. Tak lama berselang, tim dari KPK langsung membawa keduanya ke Jakarta.

22.45 WIB

Tim tiba di kantor KPK. ID dan OJ langsung menjalani pemeriksaan di lantai 8 gedung KPK. Status hukum keduanya akan ditentukan 1x24 jam setelah keduanya ditangkap. Maksimal pukul 19.30 WIB, hari ini, status hukum Imas akan ditetapkan KPK.

Untuk diketahui Imas adalah salah satu hakim Ad Hoc Pengadilan Hubungan Industrial di Pengadilan Negeri Bandung.

Artikel Terkait:

SPORT